Surabaya – Workshop Digital Marketing yang diselenggarakan oleh Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur akhirnya selesai dengan menghasilkan beberapa aksi Rencana Tindak Lanjut.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (15-17 April 2022) di Hotel Mercure Surabaya diikuti oleh peserta pelaku usaha terpilih dari perwakilan seluruh pengurus cabang GP Ansor di Jawa Timur telah tuntas memberikan banyak materi penting dalam dunia digital marketing.
Materi yang diberikan berupa Digital Marketing Strategy, Content and Copy Writing Strategy, Manajemen Tool Marketing Strategy, dan Social Media Marketing Strategy. Bahkan disesi akhir peserta diberikan materi teknik photography desain produk.
Sutrisno, salah satu peserta yang mewakil PC GP Ansor Bojonegoro mengaku semakin termotivasi dan memiliki ilmu baru untuk mengembangkan usahanya, utamanya dalam membangun brand image produk dan strategi digital marketing.
“Kami antusias memyimak materinya, saya menekuni bidang usaha meubel dan semakin optimis untuk turut memasarkan produk meubel melalui sosial media maupun digital marketing. Apalagi dalam materi juga disebut tren kenaikan belanja online dan produk meubel pertumbuhannya dan transaksinya terus naik di e-commerce” Terang Sutrisno.
Sementara itu ketua Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur Musaffa Safril mengapresiasi semangat dan komitmen peserta yang tetap aktif dan produktif selama pelatihan meskipun dalam kondisi puasa ramadhan.
Hal ini membuat dirinya dan tim Think Thank Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur harus menyiapkan lebih detail skema follow up pelatihan yang terencana dan terukur.
“Kita sudah rumuskan beberapa rencana tindak lanjut dari workshop digital marketing. Prinsipnya kita ingin peserta yang sudah dilatih selama tiga hari benar-benar memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan usaha kader Ansor di cabang masing-masing” Terang kader Ansor yang akrab disapa Safril.
Safril menjelaskan tentang skema tindak lanjut yang wajib dilakukan oleh para peserta setelah kembali ke PC GP Ansor di daerahnya masing-masing.
“Pertama, peserta akan membuat branding produk unggulan UMKM dari PC masing-masing. Kemudian kedua, membuat landing page produk dengan sub domain Ansoruna Jatim, Ketiga membuat konten planing digital marketing dari produk Unggulan PC. Keempat membuat desain marketing produk unggulan PC. Kemudian nanti saya minta Share di Akun Sosial Media resmi PC dan tandai Akun resmi Ansoruna Jatim, PW Ansor Jatim dan PP GP Ansor,” tandas Safril.
Lebih lanjut guna memperluas jangkauan gerakan, Safri sedang menyiapkan tim khusus untuk mematangkan skema pelatihan dan pembentukan tim akselerasi pendamping UMKM Ansor di level pimpinan cabang.
“Dalam diskusi kita juga punya ide gagasan untuk melanjutkan gerakan ekonomi Ansor dengan membangun tim akselerasi pendamping UMKM yang akan mengadvokasi usaha dalam bidang legalitas usaha, digital marketing dan pendampingan permodalan” Urai Safril.
Dirinya juga berharap agar peserta Workshop Digital Marketing memberikan ilmu yang didapat selama pelatihan dengan mengadakan coaching clinic kepada pelaku UMKM Ansor di daerahnya.
“Tugas lain yang lebih strategis adalah menyiapkan barisan ekonomi yang terkonsolodasi dengan rapi, yang menghubungkan seluruh jaringan ekonomi Ansor dari tingkat wilayah hingga ranting” Pungkasnya.