Bendahara Ansor Jatim Turun Langsung Advokasi 89 Jamaah Terlantar Di Juanda
- account_circle Redaksi 9
- calendar_month Sab, 7 Okt 2023
- visibility 28
- comment 0 komentar

Surabaya – Respon sigap dilakukan oleh CHA Tour Travel yang dipunggawai oleh Bendahara PW GP Ansor Jawa Timur H. Muhibbin Billah kala mendapat telpon langsung dari ProPAM TNI AL di Bandara Juanda, Jumat (06/10/2023).
Pihak PAM Bandara Juanda mengambil langkah inisiatif menghubungi PW GP Ansor Jawa Timur kala mendapatkan situasi tragis dimana terdapat banyak jamaah umroh yang terkatung selama beberapa hari di Terminal 1 dan 2 bandara Juanda.
Sejumlah 34 Jamaah Asal Rembang dan Tuban yang sebelumnya telah menempuh perjalanan jauh dari tempat tinggal menuju terminal 1 Bandara Juanda setiba di lokasi ternyata Pihak Travel tidak kunjung memberikan dokumen-dokumen keberangkatan, baik tiket dan visa sampai memicu emosi Para Jamaah Umroh terhadap Koordinator keberangkatan atau Tour Leader sehingga situasi yang menegangkan terjadi.
Di tempat lain, Bandara Juanda Terminal 2, terdapat 55 Jamaah Asal Situbondo juga mengalami gagal berangkat. “Jamaah berada 3 hari di Bandara Juanda menunggu kepastian jadwal dari Pihak Travel namun tak kunjung ada kepastian.” Ujar Pak Ifan selaku koordinator Jamaah asal Situbondo.
Untungnya, pada saat itu, datang Pihak berwajib yakni PAM Bandara Juanda yang turut meredakan kericuhan yang terjadi, sehingga mengambil sebuah saran yang nantinya menjadi sebuah solusi, yakni Pihak PAM Bandara mengambil inisiatif untuk menghubungi Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur untuk mencari solusi bersama.
Upaya tersebut dilakukan oleh PAM Bandara Juanda karena H. Muhibbin Billah selaku Kader Ansor adalah pengusaha travel umroh yang dikenal memiliki kekuatan tiket pesawat melalui jaringan korporasinya yaitu Panglima Group
Hingga akhirnya PT Cemerlang Hajar Aswad (Chatour) Travel mendapat tugas untuk mengadvokasi dan memberikan solusi kepada total 89 Jamaah yang gagal berangkat di Bandara Juanda Terminal 1 dan 2.
Sementara Pihak Travel asal Tangerang yang tidak urung memberangkatkan Jamaah asal Rembang dari Bandara Juanda Terminal 1 atas nama Bu Dewi saat ini telah diamankan di Kantor Pihak Berwajib untuk diproses sesuai hukum.
Pak Ifan selaku Koordinator dari Jamaah asal Situbondo mengatakan rasa terima kasihnya atas solusi nyata dari Chatour Travel. “Saya berterima Kasih kepada Pak Muhibbin selaku CEO dari PT Chatour Travel yang telah membantu memberangkatkan 55 Jamaah asal Situbondo” Ucap Ifan.
Begitu pula dengan Bu Mardiana yang merupakan Koordinator dari 34 Jamaah asal Rembang turut berkomentar melihat afirmasi kebijakan extra cepat yang diberikan kader Ansor pemilik CHA Tour Travel tersebut
“Kami diarahkan dan disarankan oleh Pihak PAM Bandara untuk berkomunikasi dengan Pak Muhibbin ke Kantor Chatour Travel untuk memastikan penerbangan Jamaah Umroh kami yang sudah lebih dari 4 Hari berada di Hotel Concord Bandara Juanda Terminal 1, semoga Chatour Travel selalu bermanfaat untuk semua” Pungkasnya.
Para jamaah yang terkena dampak situasi ini sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Chatour Travel. Mereka menyatakan apresiasi kepada seluruh Staff PT Chatour Travel atas respons cepat dan profesionalitas sebagai biro perjalanan Ibadah Umroh tersebut dalam menangani situasi yang sulit.
Chief Executive Office (CEO) PT Chatour Travel, H. Muhibbin Billah menyatakan komitmen besarnya untuk istiqomah memberikan afirmasi kepada problem jamaah umroh.
“Kami selalu berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para Jamaah Umroh, terutama dalam situasi darurat seperti ini. Kami senang bahwa kami dapat membantu para Jamaah mengatasi tantangan ini dan memastikan mereka dapat melanjutkan perjalanan mereka dengan aman.” Terang H. Muhibbin Billah.
Kejadian ini menyoroti pentingnya peran Biro Perjalanan Umroh dalam membantu jamaah mereka dalam situasi darurat. Chatour Travel telah menunjukkan bahwa mereka tidak hanya berkomitmen pada bisnis perjalanan umroh, tetapi juga pada kepastian akan 5 Hal dalam Umroh yang sudah disepakati antara Pihak Biro Perjalanan Jasa Umroh dengan Kementrian Agama yakni, Pasti Travelnya, Pasti Jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya dan pasti visanya, sehingga para jamaah mendapatkan kesejahteraan, kenyamanan dan keamanan selama perjalanan Ibadah Umroh ke tanah suci seperti yang PT Chatour Travel lakukan.
“Alhamdulillah kita berikan solusi sigap dengan melakukan take over langsung seluruh jamaah umroh yang terkatung tadi untuk kita berangkatkan besok (sabtu) melalui mekanisme yang sudah kita sepakati” Pungkas H. Muhibbin Billah setelah turun langsung melakukan assestmen dan berdiskusi dengan jamaah umroh tersebut.
- Penulis: Redaksi 9