Ansor dan Banser Lawas di Blitar Bedah Rumah Janda

0
57
Pengurus Fosal Blitar Raya usai merehab rumah Ida, janda tiga anak. (Foto: NOJ/TI)

Blitar- Tim Fosal atau Forum Silaturahim Ansor dan Banser Lawas Blitar Raya, secara simbolis menyerahkan kembali kepada pemilik rumah keluarga tiga anak yatim yang rumahnya baru direhab. Selama 10 hari Tim Fosal yang didukung media setempat melakukan bakti sosial merehab rumah tiga anak yatim di Desa Kawedusan, Ponggok, Blitar.

Pada Jumat (21/8) bangunan diserahkan kembali kepada pemiliknya. Penyerahan secara simbolis disampaikan langsung oleh Ketua Fosal Blitar Raya, H Moh Choiruddin dan Pembina Fosal H Arif Fuadi, serta diterima langsung oleh Ida, ibu dari tiga anak yatim dan istri dari almarhum Moh Suhaili.

“Terima kasih bapak-bapak peduli dan sudi membantu kami. Semoga Allah SWT, membalas semua kebaikan bapak-bapak,'” kata Ida.

Ida mengaku kaget dengan hasil baksos tim Fosal. Awalnya ia mengira kalau tim hanya akan mengganti genting yang jatuh. Tidak sampai memperbaikinya secara sempurna.

“Namun ternyata bapak-bapak memperbaki semuanya. Termasuk membuatkan dapur, lantai cor, dan pintu-pintu. Alhamdulillah. Bantuan bapak-bapak sudah lebih dari perkiraan saya. Sekali lagi terima kasih. Semoga bermanfaat,” ungkap Ida dengan haru.

Sementara H Moh Chouruddin pada kesempatan itu menyampaikan, timnya yang justru mengucapkan terima kasih dengan keluarga yatim. Karena kegiatan baksos Fosal bisa diterima. “Justru kami yang menyampaikan terima kasih. Karena rombongan kami diterim melakukan baksos. Kalau tidak kan lucu,” kata Choiruddin.

Ia menyampaikan bahwa hasil baksos baru mencapai 95 persean dan tinggal finishing. Namun demikian, Fosal akan terus memantau sampai selesai 100 persen sesuai perencanaan awal.

“Baksos akan terus dilakukan. Cuma tidak secara separadis seperti beberapa hari ini. Karena sudah ada tukang yang nanti akan dibantu oleh anggota Ansor dan Banser struktural. Jadi kami nanti akan kontrol saja,” kata Chairuddin.

Disinggung soal dana, dia menyampaikan kalau semua telah tersedia. Bahkan diperkirakan ada dana lebih yang juga diberikan kepada keluarga. “Insyalah dana cukup. Semua dana yang masuk, sisanya akan diberikan semua kepada pemilik,” jelas Chairuddin.

Fosal Sarana Silaturahim

Pada kesempatan tersebut Chairuddin menyampaikan terkait dengan Fosal sebagai forum silaturahim.Tidak akan mengarah menjadi LSM dan ormas.

“Forum ini dibentuk dengan niatan mencari azas manfaat saja Tidak ada niatan lain. Semua yang ada manfaatnya untuk umat akan dilaksanakan oleh Fosal,” katanya.

Sementara koordinator kegiatan, H Imam Kusnin Ahmad, menyampaikan bahwa akan selalu mendukung langkah Fosal dan organisasi serupa.

“Prinsipnya kami akan selalu memback up kegiatan apa saja yang dilakukan oleh masyarakat seperti Fosal ini dengan cara kami,” ujar Kusnin yang juga Komandan Provost Banser Nasional ini.

Sebelum ini, ungkap Ketua PC ISNU Kabupaten Blitar ini, dalam rangka turut serta Ikhtiar pencegahan wabah Covid 19 juga menjalin kerjasama dengan beberapa ormas di Blitar dan wilayah Eks Karesidenan Kediri. Misal dengan ISNU, GP Ansor dan Banser, membentuk Tim Blitar Bersatu Lawan Corona (BBLC) dengan kegiatan membagikan sembako, membagi APD dan lainnya.

“Yang barusan kami juga membagikan 1.000 lebih masker kepada masyarakat, ” pungkasnya.

Artikel ini telah terbit pada Sabtu, 22 Agustus 2020
Link: https://jatim.nu.or.id/article/read/1022/ansor-dan-banser-lawas-di-blitar-bedah-rumah-janda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here